SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH BANYAK ATAS KUNJUNGANNYA

Jumat, 29 Maret 2013

MEMAHAMI AYAT-AYAT KAUNIAH


Memahami Ayat-Ayat Kauniah




Ayat-ayat kauniah adalah merupakan ayat-ayat Allah yang tidak tersurat di dalam mushap-mushap, akan tetapi ayat-ayat kauniah tersebut tersirat di belantara alam semesta ini. Ayat-ayat yang tersirat ini diantaranya yatiu langit, laut, ikan, binatang dan lain sebagainya. Sebagai Hamba Allah, kita di perintahkan untuk selalu mentafakuri dan mentadaburi ayat-ayat Allah SWT, baik yang tersurat di dalam al-Quran maupun yang tersirat di alam jagat raya ini yakni tentang ciptaan-ciptaan Allah SWT, Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.


Terkait dengan ayat-ayat kauniah ini, Rasulullah SAW, memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk selalu berfikir atau mentafakuri ciptaan-ciptaan Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “berfikirlah (bertafakurlah) kalian tentang ciptaan-ciptaan-Ku (Allah), janganlah kalian berfikir tentang Aku (Allah), jika kalian berfikir tentang-Ku niscaya kalian akan binasa”. (al-Hadits). Sangat urgennya berfikir, Rasulullah SAW memerintahkan kepada umatnya agar selalu berfikir dan mentadaburi ciptaan-ciptaan Allah SWT, agar mendapatkan sesuatu yang berharga yaitu I'tibar, Hikmah dan Hidayah dari Allah SWT.


Allah SWT, mempertegas di dalam al-Quran surat al-Álaq, bahwa manusia itu di perintahkan untuk “Membaca”. Membaca adalah sebagai alat mediasi untuk berfikir dan tafakur tentang ayat-ayat Allah baik yang tersurat dan yang tersirat. Dalam hal ini penulis mengajak pembaca yang budiman untuk memahami kembali tentang Ayat-Ayat Kauniah, agar kita mendapatkan I'tibar, Hikmah dan Hidayah dari Allah SWT, untuk menambahkan sedikit bacaan dan wawasan dipersilahkan kepada para pembaca yang budiman melihat serta membaca WEB alamatnya:



htt://aminazra.blogspot.com (ESQ Corner)
htt://desiadha.blogspot.com (Cahaya Adha)

1 komentar:

ESQ Corner mengatakan...

thanksnya atas info webnya...

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review